Era digital adalah istilah yang di gunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer. Media baru Era Digital sering digunakan untuk menggambarkan teknologi digital.
1. Jelaskan pengaruh positif dan negatif terhadap pertumbuhan ekonomi digital yang berkaitan dengan pentingnya karakteristik ekonomi digital.
1)
Knowledge
Pengetahuan dari sumber daya manusia (knowledge) merupakan hal terpenting
dalam kelangsungan suatu perusahaan atau instansi dan merupakan asset dari
perusahaan atau instansi, factor integensia dari sumber daya manusia yang
dimiliki perusahaan merupakan penentu sukses tidaknya organisasi tersebut dalam
mencapai objektifnya.
Contoh positif : produk perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware)
yang dapat menjadi system penunjang pengambilan keputusan adalah decision support system dan expert system.
2)
Digitazition
Digitazition merupakan suatu proses transformasi informasi dari berbagai
bentuk menjadi format digit “0” dan “1” (bilangan biner).
Contoh positif : melakukan konversi format analog video dan audio ke
dalam format digital, untuk saling bertukar informasi secara cepat melalui
email keseluruh penjuru dunia semakin memudahkan proses pengeriman dan
pertukaran seluruh jenis informasi yang dapat di digitasi. Memudahkannya internet
banking.
Contoh negative : masih kurangnya keterbatasan dari virtual book store
yang dapat di akses dan informasi yang dijelaskannya.
3)
Virtualization
Virtualisasi yang memungkinkan seseorang untuk memulai bisnisnya dengan
perangkat sederhana (perangkat PC dengan koneksi data internet) dan dapat
menjangkau seluruh calon pelanggan di dunia maya (internet), sudah dapat melakukan transaksi bisnisnya. Dalam menjalin
hubungan ini, proses yang terjadi lebih pada transaksis adalah pertukaran data
dan informasi secara virtual, tanpa kehadiran fisik antara pihiak-pihak atau
individu yang melakukan transaksi.
Contoh positif : jual-beli barang melalui internet atau ecommerce yang
dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama 24 jam secara online dan real
time.
Contoh negative : terkadang ciri fisik barang melalui transaksi yang
terjadi melalui virtual ini berbeda dengan barang yang pada akhirnya beda saat
sampai di kita.
4)
Molecularization
Organisasi yang akan bertahan dama era ekonomi digital adalah yang
berhasil menerapkan bentuk molekul. Bentuk molekul merupakan suatu system dimana
organisasi dapat dengan mudah beradaptasi dengan setiap perubahan dinamis yang
terjadi di lingkungan sekitar perusahaan.
5)
Internetworking
Internetworking merupakan hal terpenting dalam melakukan transaksi bisnis
baik secara elektronik maupun secara konvensional dengan ketemu muka dan melakukan
transaksi bisnis, tidak ada perusahaan yang dapat bekerja sendiri tanpa
menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain, demikian salah satu persyaratan
untuk dapat berhasil didunia maya.
Contoh positif : kerja sama yang terjalin baik antara pemasok (supplier)
dengan pedagang di dunia maya.
Contoh negative : banyaknya pemasok(supplier) yang ikut bersaing dalam
seebuah transaksi di dunia maya.
6)
Disintermediation
Ciri khas lain dari arena ekonomi digital adalah kecenderungan
berkurangnya mediator sebagai perantara terjadinya transaksi antara pemasok dan
pelanggan.
Contoh positif : mediator dalam aktifitas ekonomi adalah wholesalers,
retailers, broadcasters, record companies.
Contoh
negative : perusahaan klasik yang menggantungkan diri sebagai mediator dengan
sendirinya terpaksa harus gulung tiker dengan adanya bisnis internet.
7)
Convergence
Kunci sukses perusahaan dalam bisnis internet terletak pada tingkat
kemampuan dan kualitas perusahaan dalam mengkonvergensikan tiga sektor
industri, yaitu: computing, communications, dan content. Komputer yang
merupakan inti dari industri computing merupakan pusat syaraf pengolahan data
dan informasi yang dibutuhkan dalam melakukan transaksi usaha. Adapun produk
industri communications yang paling relevan adalah infrastruktur teknologi
informasi dan komunikasi sebagai pipa penyaluran data dan informasi dari satu
tempat ke tempat lainnya. Persaingan sesungguhnya terletak pada industri
content yang merupakan jenis pelayanan atau jasa yang ditawarkan sebuah
perusahaan kepada pasar di dunia maya. Ketiga hal di atas merupakan syarat
mutlak yang harus dimiliki dan dikuasai pemakainnya untuk dapat berhasil
menjalankan bisnis secara sukses
.
8)
Innovation
Contoh positif : banyak aktifitas di internet dengan bisnis 24 jam, bukan
8 jam layaknya perusahan di dunia nyata.
Contoh negative : banyak perusahaan yang sulit dipertahankan mengingat
perusahaan internet sangat mudah ditiru.
9)
Presumption
Contoh positif : seseorang yang harus membanyar Rp.5.000.000,- untuk
mendapatkan atau sewa ruang data website (hosting) dengan besaran 10 giga byte
dan disubkontarakan/disewakan kembali dengan memecah besaran dari kapasitasnya,
misalnya 1 gigabyte dapat disewakan atau dijual dengan harga satu juta rupiah.
Contoh negative : -
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bijak