SELAMAT DATANG PARA PETUALANG KARLNIT

Tuesday, October 17, 2017

Ekonomi Digital

Era digital adalah istilah yang di gunakan dalam kemunculan digital, jaringan internet khususnya teknologi informasi komputer. Media baru Era Digital sering digunakan untuk menggambarkan teknologi digital. 


x
1. Jelaskan pengaruh positif dan negatif terhadap pertumbuhan ekonomi digital yang berkaitan dengan pentingnya karakteristik ekonomi digital.

1)      Knowledge
Pengetahuan dari sumber daya manusia (knowledge) merupakan hal terpenting dalam kelangsungan suatu perusahaan atau instansi dan merupakan asset dari perusahaan atau instansi, factor integensia dari sumber daya manusia yang dimiliki perusahaan merupakan penentu sukses tidaknya organisasi tersebut dalam mencapai objektifnya.
Contoh positif : produk perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware) yang dapat menjadi system penunjang pengambilan keputusan adalah decision support system dan expert system.

2)      Digitazition
Digitazition merupakan suatu proses transformasi informasi dari berbagai bentuk menjadi format digit “0” dan “1” (bilangan biner).
Contoh positif : melakukan konversi format analog video dan audio ke dalam format digital, untuk saling bertukar informasi secara cepat melalui email keseluruh penjuru dunia semakin memudahkan proses pengeriman dan pertukaran seluruh jenis informasi yang dapat di digitasi. Memudahkannya internet banking.
Contoh negative : masih kurangnya keterbatasan dari virtual book store yang dapat di akses dan informasi yang dijelaskannya.

3)      Virtualization
Virtualisasi yang memungkinkan seseorang untuk memulai bisnisnya dengan perangkat sederhana (perangkat PC dengan koneksi data internet) dan dapat menjangkau seluruh calon pelanggan di dunia maya (internet), sudah dapat melakukan transaksi bisnisnya. Dalam menjalin hubungan ini, proses yang terjadi lebih pada transaksis adalah pertukaran data dan informasi secara virtual, tanpa kehadiran fisik antara pihiak-pihak atau individu yang melakukan transaksi.
Contoh positif : jual-beli barang melalui internet atau ecommerce yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja selama 24 jam secara online dan real time.
Contoh negative : terkadang ciri fisik barang melalui transaksi yang terjadi melalui virtual ini berbeda dengan barang yang pada akhirnya beda saat sampai di kita.

4)      Molecularization
Organisasi yang akan bertahan dama era ekonomi digital adalah yang berhasil menerapkan bentuk molekul. Bentuk molekul merupakan suatu system dimana organisasi dapat dengan mudah beradaptasi dengan setiap perubahan dinamis yang terjadi di lingkungan sekitar perusahaan.

5)      Internetworking
Internetworking merupakan hal terpenting dalam melakukan transaksi bisnis baik secara elektronik maupun secara konvensional dengan ketemu muka dan melakukan transaksi bisnis, tidak ada perusahaan yang dapat bekerja sendiri tanpa menjalin kerja sama dengan pihak-pihak lain, demikian salah satu persyaratan untuk dapat berhasil didunia maya.
Contoh positif : kerja sama yang terjalin baik antara pemasok (supplier) dengan pedagang di dunia maya.
Contoh negative : banyaknya pemasok(supplier) yang ikut bersaing dalam seebuah transaksi di dunia maya.

6)      Disintermediation
Ciri khas lain dari arena ekonomi digital adalah kecenderungan berkurangnya mediator sebagai perantara terjadinya transaksi antara pemasok dan pelanggan.
Contoh positif : mediator dalam aktifitas ekonomi adalah wholesalers, retailers, broadcasters, record companies.
Contoh negative : perusahaan klasik yang menggantungkan diri sebagai mediator dengan sendirinya terpaksa harus gulung tiker dengan adanya bisnis internet.


7)      Convergence
Kunci sukses perusahaan dalam bisnis internet terletak pada tingkat kemampuan dan kualitas perusahaan dalam mengkonvergensikan tiga sektor industri, yaitu: computing, communications, dan content. Komputer yang merupakan inti dari industri computing merupakan pusat syaraf pengolahan data dan informasi yang dibutuhkan dalam melakukan transaksi usaha. Adapun produk industri communications yang paling relevan adalah infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi sebagai pipa penyaluran data dan informasi dari satu tempat ke tempat lainnya. Persaingan sesungguhnya terletak pada industri content yang merupakan jenis pelayanan atau jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan kepada pasar di dunia maya. Ketiga hal di atas merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki dan dikuasai pemakainnya untuk dapat berhasil menjalankan bisnis secara sukses
.
8)      Innovation
Contoh positif : banyak aktifitas di internet dengan bisnis 24 jam, bukan 8 jam layaknya perusahan di dunia nyata.
Contoh negative : banyak perusahaan yang sulit dipertahankan mengingat perusahaan internet sangat mudah ditiru.

9)      Presumption
Contoh positif : seseorang yang harus membanyar Rp.5.000.000,- untuk mendapatkan atau sewa ruang data website (hosting) dengan besaran 10 giga byte dan disubkontarakan/disewakan kembali dengan memecah besaran dari kapasitasnya, misalnya 1 gigabyte dapat disewakan atau dijual dengan harga satu juta rupiah.
Contoh negative : -


DAFTAR PUSTAKA

http://bit.ly/2l4YD6Q

No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak